Pengertian Ilmu Sejarah

Monday, December 26th, 2016 - Sejarah

Pengertian Ilmu Sejarah – Pada kesempatan ini admin Pengertian Sejarah akan berbagi informasi mengenai Pengertian Ilmu Sejarah. Masih banyak orang yang mendefinisikan ilmu sejarah sebagai sebuah kejadian yang pernah terjadi di masa lampau. Padahal tidak semua peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau dapat dikatakan masuk dalam ruang lingkup sejarah maupun ilmu sejarah. Yang dapat masuk dalam ilmu sejarah adalah kejadian – kejadian yang memiliki pengaruh besar pada masanya dan juga pada masa berikutnya. Jika kita mengartikan sejarah berdasar katanya yaitu “sejarah” maka kata sejarah sendiri berasal dari bahasa arab yaitu “syajaratun”. “Syajaratun” sendiri memiliki arti pohon dimana pohon memiliki bagian berupa akar, dahan, ranting dan daun hingga sejarah diartikan sebagai asal usul. Pengertian sejarah banyak terbagi – bagi tergantung dari mana kita melihatnya karena pengertian ilmu sejarah bisa kita lihat berdasarkan etimologi,  menurut para ahli, dan menurut ruang lingkupnya.

Pengertian Ilmu Sejarah

Pengertian Ilmu Sejarah

Pengertian Ilmu Sejarah Berdasarkan Etimologi

  1. Sejarah

Kata sejarah berasal dari bahasa arab yaitu syajaratun yang berarti pohon. Dimana pohon melambangkan asal usul karena pohon memiliki akar, batang, ranting hingga daun yang diartikan sebagai asal usul. Sehingga tidak heran jika kita banyak melihat jika gambar silsilah keluarga apalagi keluarga kerajaan biasanya menyerupai akar pohon. Kata syajaratun mulai diserap pada abad ke 13 oleh kerajaan melayu.

  1. History

History (Bahasa Inggris) berasal dari kata istoria dari bahasa Yunani yang memiliki arti ilmu. Seiring berkembangnya kata istoria dipakai untuk kajian terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia secara kronologis atau berurut.

  1. Geschichte

Pada jaman HIndia Belanda dulu orang-orang pada jaman tersebut mengenal istilah geschichtdenis (bahasa belanda) yang sebenarnya merupakan serapan dari bahasa Jerman yaitu Geschicte yang memiliki arti seusuatu yang telah terjadi.

  1. Tarikh 

Dalam bahasa arab tarikh adalah ilmu yang mempelajari tentang kisah pada masa lalu.

Pengertian Ilmu Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Sejarah Menurut R.G Collingwood

Sejarah adalah sebuah bentuk penyelidikan mengenai hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau.

Pengertian Ilmu Sejarah Menurut Patrick Gardiner

Sejarah sebagai sebuah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

Pengertian Ilmu Sejarah Menurut Drs. Sidi Gazalba

Sejarah sebagai masa lalu manusia dan sepatutnya disusun secara ilmiah dan juga lengkap meliputi urutan fakta pada masa tersebut dengan menggunakan tafsiran dan juga penjelasan yang memberi pengertian dan pemahaman tentang apa yang terjadi.

Pengertian Ilmu Sejarah Menurut E.H Carr

Sejarah adalah dialog yang tidak pernah selesai antara masa sekarang dan masa lampau, suatu proses interaksi yang memiliki kesinambungan antara sejarawan dan fakta-fakta yang dimilikinya.

Pengertian Ilmu Sejarah Menurut Shefer

Sejarah Merupakan sebuah peristiwa yang telah berlalu dan benar-benar terjadi.

Pengertian Ilmu Sejarah Menurut M Yamin

Sejarah merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang umumnya memiliki hubungan dengan cerita sebagai hasil dari penafsiran kejadian-kejadian dalam masyarakat manusia pada waktu yang telah lampau atau dengan tanda-tanda yang lain.

Pengertian Sejarah Menurut Robert V. Daniels

Sejarah Adalah memori pengalaman manusia

Pengertian Sejarah Menurut J.Banks

Semua peristiwa masa lalu adalah sejarah (sejarah sebagai aktualitas). Sejarah dapat membantu siswa untuk memahami perilaku manusia dalam, tujuan masa kini dan masa depan yang baru (untuk studi sejarah).

Pengertian Sejarah Menurut Gustafson

Sejarah merupakan puncak gunung pengetahuan manusia dari mana perbuatan generasi kita mungkin  ada dan dipasang ke dalam dimensi yang tepat.

Pengertian Ilmu Sejarah Berdasarkan Ruang Lingkupnya

Sejarah sebagai ilmu dan sejarah sebagai seni

sejarah merupakan peristiwa dari masa lampau manusia , untuk itu maka ilmu sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa masa lampau manusia. Sejarah juga merupakan ilmu sama dengan ilmu-ilmu lainnya . sejarah sebagai ilmu mempunyai cirri-ciri sebagai berikut :

  • Empiris : diperoleh melalui penemuan dan pengamatan yang dilakukan berdasarkan fakta-fakta sejarah yang ada dan benar – benar terjadi
  • Memiliki obyek : sama seperti disiplin ilmu lain , sejarah mempunyai obyek ,
  • Obyek material : manusia
  • Obyek formal : aktivitas manusia yang pernah terjadi dalam suatu rentang waktu di masa lampau
  • Teori : kaidah-kaidah pokok sebagai suatu ilmu , seperti teori challenge and respons, teori masuknya hindu .
  • Metode : sejarah mempunyai cara tersendiri dalam penelitiannya maupun penulisanya .

Yang dimaksud sejarah sebagai seni adalah ketika seorang sejarawan menuliskan kembali peristiwa masa lampau itu . dalam penulisan sejarah (historiografi ) seorang sejarawan akan memerlukan beberapa pemahaman seperti seorang seniman , sebagai seni  sejarah yang disajikan secara naratif dan imajinatif dengan menunjukkan unsur-unsur cerita , kisah atau peran tetapi tetap berpatokan pada fakta –fakta yang ada .

Sejarah Sebagai Peristiwa dan Sejarah Sebagai Kisah

Yang dimaksud sejarah sebagai peristiwa adalah kejadian atau peristiwa masa lampau manusia yang benar-benar terjadi , sehingga hanya terjadi satu kali saja , yaitu pada saat kejadiannya sedang berlangsung , sehingga tidak mungkin terjadi lagi ada kejadian yang sama pada masa-masa selanjutnya. Setiap peristiwa yang terjadi akan memiliki perbedaan dengan peristiwa sebelumnya, kalaupun peristiwa nya sejenis atau mirip , tetapi waktu dan tempat serta pelaku sejarahnya berbeda . sering juga ada istilah sejarah berulang , sebetulnya yang berulang bukan peristiwa yang terjadi akan tetapi adalah  gejala dari peristiwa itu yang berulang . Sejarah sebagai kisah dapat diartikan sebagai rekontruksi atau tayangan ulang dari peristiwa masa lampau oleh manusia masa kini melalui berbagai fakta dan penafsiran . sejarah sebagai kisah juga dapat kita baca dalam berbagai buku sejarah , majalah maupun Koran, atau bisa juga pada saat guru menjelaskan materi sejarah.

Hubungan Antara Ilmu Sejarah dan Ilmu-Ilmu yang lainnya

Sebagai sebuah ilmu yang dipelajari tentunya sejarah juga memiliki hubungan dengan ilmu-ilmu yang lainnya. Ilmu sejarah sendiri memiliki konsep yang meliputi waktu, ruang, perubahan, aktivitas manusia, kesinambungan. walaupun memiliki perbedaan dengan disiplin ilmu sosial lainnya akan tetapi dalam perkembangannya peran dari ilmu –ilmu sosial dalam penulisan sejarah sangat di perlukan . para sejarawan banyak meminjam teori atau konsep ilmu sosial , diantaranya :

  • Geografi : terkait erat dengan latar geografis , dimana peristiwa sejarah itu terjadi dengan kata lain geografi merupakan panggung sejarah .
  • Politik : membantu menyelaraskan data politik dan kejadian yang mempengaruhi pengalaman sejarah manusia .
  • Sosiologi : membantu menjelaskan aktivitas kolektif manusia di masa lampau , peristiwa sejarah yang merupakan hasil dari interaksi antar manusia sangat membutuhkan konsep-konsep sosiologi .
  • Antropologi : dapat membantu sejarah dalam mentafsirkan pola-pola perilaku , keyakinan , kebudayaan dalam suatu masyarakat .
  • Arkeologi : membantu sejarah dalam menemukan dan menganalisis sumber-sumber sejarah .
  • Ekonomi : usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dimasa lampau dapat dijelaskan lebih rinci dengan meminjam konsep dari ilmu ekonomi .
  • Psikologi : banyak membantu sejarah dalam menjelaskan perilaku para tokohpelaku sejarah .

Baca juga :

Unsur terpenting dari sejarah adalah kejadian masa lalu , maka yang menjadi konsep dasar sejarah adalah waktu (time), ruang (spac), kegiatan Manusia (human activities), perubahan (change) dan kesinambungan (continuity). sejarah merupakan prinsip sebab akibat antara fakta yang satu dengan yang lainnya, antara peristiwa yang satu dengan lainnya merupakan sebuah rangkaian yang tidak terpisah-pisah , peristiwa sejarah yang satu di akibatkan atau disebabkan oleh peristiwa sejarah yang lain. [ps]

Pengertian Ilmu Sejarah | Pengertian Sejarah | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status science blogs blog Top education_training blogs Academics Blogs