Pengertian Sejarah secara Etimologi

Friday, January 6th, 2017 - Sejarah

Pengertian Sejarah secara Etimologi – Pada kesempatan ini admin Pengertian Sejarah akan berbagi informasi mengenai Pengertian Sejarah secara Etimologi. Khusus bagi anda yang ingin menambah wawasan dalam masalah Sejarah. Berbicara tentang sejarah sunggu sangat menyenangkan karena kita bisa mengetahui hal-hal yang sudah lalu dan penuh misteri, walaupun kita sendiri tidak mengalaminya.

Pengertian Sejarah secara Etimologi

Pengertian Sejarah secara Etimologi

Sejarah merupakan kejadian masa lampau yang tak boleh kita lupakan, karena tanpa adanya sejarah kita tidak akan ada pada zaman seperti sekarang ini. Oleh karena itu saya akan berbagi sedikit informasi tentang pengertian sejarah.

Pengertian Sejarah Secara Etimologi

Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة: šajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu atau penanggalan. Kata Sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang mendekati acuan tersebut adalah Geschichte yang berarti sudah terjadi.

Dalam istilah bahasa-bahasa Eropa, asal-muasal istilah sejarah yang dipakai dalam literatur bahasa Indonesia itu terdapat beberapa variasi, meskipun begitu, banyak yang mengakui bahwa istilah sejarah berasal-muasal,dalam bahasa Yunani historia. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan history, bahasa Prancis historie, bahasa Italia storia, bahasa Jerman geschichte, yang berarti yang terjadi, dan bahasa Belanda dikenal gescheiedenis.

Melihat pada makna secara kebahasaan dari berbagai bahasa di atas dapat ditegaskan bahwa pengertian sejarah menyangkut dengan waktu dan peristiwa. Oleh karena itu masalah waktu penting dalam memahami satu peristiwa, maka para sejarawan cenderung mengatasi masalah ini dengan membuat periodisasi.

Baca juga :

Demikianlah info singkat dari admin Pengertiansejarah.com tentang Pengertian Sejarah secara Etimologi yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam masalah Sejarah. [ps]

Pengertian Sejarah secara Etimologi | Pengertian Sejarah | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status science blogs blog Top education_training blogs Academics Blogs