Sejarah Munculnya Organisasi Pergerakan Nasional Indische Social Democratische Vereniging (ISDV)

Sejarah Munculnya Organisasi Pergerakan Nasional Indische Social Democratische Vereniging (ISDV) – Para pegawai Belanda di Indonesia, semula, mendirikanIndische Social Democratische Veregining(ISDV). Dalam perkembangannya, ISDV, pada tanggal 20 Mei 1920, diubah menjadi Partai Komunis Hindia. Setelah itu, diubah lagi menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI). Pengurusnya ialah Semaun (Ketua), Darsono (Wakil Ketua), Bergsma (Sekretaris) dan anggota pengurus yang terdiri dari Baars, Sugono, dan H.W. Dekker sebagai bendahara. Partai Komunis Indonesia (PKI) secara resmi berdiri tanggal 23 Mei 1920. Tokoh yang ada di belakang pendirian PKI adalah Sneevlit, seorang pegawai Belanda yang dikirim ke Indonesia.Sejarah Munculnya Organisasi Pergerakan Nasional Indische Social Democratische Vereniging (ISDV)

Pada tanggal 13 November 1926, PKI mengadakan pemberontakan di Banten, Sumatera disusul tindakan kekerasan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Banyak penangkapan terhadap tokoh perjuangan, yang dibuang ke Digul dan Tanah Merah.

Kata Kunci :

ISDV pengertian lengkap,ISDV- PKI
Sejarah Munculnya Organisasi Pergerakan Nasional Indische Social Democratische Vereniging (ISDV) | Pengertian Sejarah | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status science blogs blog Top education_training blogs Academics Blogs