Sejarah Organisasi Tata Usaha dan Keuangan Negara Bani Umayyah

Sejarah Organisasi Tata Usaha dan Keuangan Negara Bani Umayyah – Bani Umayyah dengan Organisasi Tata Usaha (an-nidham al-idari) dan Keuangan Negara (an-nidham al-mal). Organisasi tata usaha yang mengalami perkembangan dan kemajuan pada masa pemerintahan dinasti Bani Umayah adalah adanya pembagian wilayah kekuasaan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, pemerintah pusat dipegang oleh khalifah, sebagai sebagai pengendali semua pemerintah wilayah ataupun daerah, sementara pemerintah daerah itu sendiri dikendalikan oleh seorang gubernur yang disebut wali sebagai tangan panjang pemerintah pusat. Para gubernur bertanggung jawab pada pemerintahan pusat yang berada dibawah kekuasaan seorang khalifah. Para khalifah dengan kekuasaan dan wewenangnya yang ada pada dirinya dapat mengangkat dan memberhentikan gubernur-gubernur, khususnya bagi yang tidak disukai atau menentang kebijakan pemerintah pusat.

Sejarah Organisasi Tata Usaha dan Keuangan Negara Bani Umayyah

Sejarah Organisasi Tata Usaha dan Keuangan Negara Bani Umayyah

Untuk kepentingan pelaksanaan tata usaha Negara dalam bidang pemerintahan khalifah Bani Umayyah dibentuklah lembaga yang disebut departemen (al-dawawin). Contoh departemen-departemen itu adalah sebagai berikut :

  • Diwanul kharraj, yaitu departemen pajak yang bertugas mengelola pajak tanah di daerah-daerah yang menjadi wilayah kekuasaan dinasti Bani Umayah.
  • Diwanul rasail, yaitu depertemen pos dan persuratan yang bertugas menyampaikan berita atau surat-menyurat dari dank e seluruh wilayah kekuasaan dinasti bani umayah.
  • Diwanul musytaghillat, yaitu departemen dimana bertugas mengurus berbagai kepentingan umum.
  • Diwanul Khatim, yaitu departemen yang bertugas menyimpan berkas-berkas atau dokumen-dokumen penting Negara

Pada masa pemerintahan dinasti Bani Umayah, para khalifah yang bertugas tetap mempertahankan tradisi lama, yaitu tetap mengelola baitul mal, baik pemasukan maupun pengeluarannya. Sumber-sumber dana baitul mal didapatkan dari hasil pemungutan pajak pendapatan Negara berupa pajak penghasilan dari tanah pertanian yang sering disebut kharraj. Tapi pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Abdul Aziz, pajak itu dikurangi, sehingga pemasukan kas Negara yang akan disetor ke baitul mal mengalami kemerosotan, segingga pada masa pemerintahan Khalifah Hisyam bin Abdul Malik kas tersebut sangat terkuras. Maka untuk menyelamatkan kas Negara akhirnya Khalifah Hisyam bin Abdul Malik menaikan pajak kepada semua penduduk yang berada di wilayah kekuasaan dinasti Bani Umayyah.

Selain dari pajak tanah atau kharraj, pendapatan Negara juga diperoleh dari jizyah, yaitu pajak pendapatan yang diperoleh dari pajak individu sebagai bentuk kongkrit dari perlindungan Negara atas jiwa dan keluarga masyarakat, terutama masyarakat non muslim yang berada di dalam pengawasan dan keamanan Negara Islam, sehingga posisi dan status mereka sama seperti masyarakat muslim lainya yang mendapatkan perlindungan dan perilaku yang sama di depan hukum Negara saat itu.

Disamping kedua sumber pajak utama sebagaimana disebut di atas, perdagangan yang dikenakan kepada para pedagang asing yang mengimpor barang daganganya ke dalam  wilayah kekuasaan Islam dinasti Bani Umayah. Pajak tersebut disebut dengan suatu istilah yaitu usyur, yaitu persepuluh dari harga impor. Pendapatan itu digunakan untuk pembagunan wilayah-wilayah Islam dinasti Bani Umayah.

Dalam catatan sejarah, menurut al-Baladzury, pajak yang berhasil terkumpulkan dari kharraj sebanyak 186.000.000, dirham ( mata uang Perak ). Kebijakan para khalifah Bani Umayyah yang mewajibkan pajak pada seluruh warga masyarakat, terus dilanjutkan sebagai pendapat untuk dimasukan ke kas Negara. Setelah itu, semua pendapatanyang diperoleh  dari hasil penarikan pajak akan di pergunakan untuk membiayai pembangunan dan gaji para pegawai dan pejabat-pejabat Negara, selain itu untuk kepentingan keluarga istana.

Sejarah Organisasi Tata Usaha dan Keuangan Negara Bani Umayyah | Pengertian Sejarah | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status science blogs blog Top education_training blogs Academics Blogs