Sejarah sebagai Kisah

Sejarah sebagai Kisah – Semua hasil karya cipta manusia merupakan suatu bukti dari kisah manusia yang hidup dan dinamis. Membicarakan sejarah sebagai kisah tidak lepas dari peristiwaperistiwa sejarah yang terjadi pada masa lampau. Sejarah sebagai kisah adalah hasil karya, cipta, dan penelitian berbagai ahli yang kemudian menulisnya. Penulisan yang dapat dipertanggungjawabkan harus melalui penafsiran yang mendekati kebenaran peristiwa yang terjadi.

Sejarah sebagai Kisah

Sejarah sebagai Kisah

Menurut para ahli pengertian sejarah sebagai kisah adalah cerita berupa narasi yang telah disusun di dalam memori, kesan atau tafsiran manusia terhadap suatu kejadian yang telah terjadi atau berlangsung pada masa lampau atau sejarah serta subjek. Hal ini akan sangat bertentangan sekali dengan pendapat mengenai sejarah sebagai peristiwa yang mana para ahli akan memandang sejarah melalui peristiwa yang berupa fakta bukan mendengar atau melihat serta membaca kisah sejarah.

Arti dalam sejarah sebagai kisah dapat di lihat ketika ada dua orang yang menuturkan peristiwa yang sama. Maka akan timbul perdebatan karena si pemberi cerita tersebut akan menafsirkan terhadap peristiwa yang dia tuturkan. Hal ini dapat di kaji dari contoh orang yang melakukan wawancara orang orang  yang pernah melewati atau melihat peristiwa  sejarah.  Pastinya seorang penutur dan sekaligus penafsir yang berbeda. Jadi ini akan di sajikan berupa kisah yang lisan dan tulisan,  dan apabila anda mendengar seseorang menceritakan mengenai kisah sejarah yang ada di masa lampau maka itu di kategorikan sebagai kisah lisan. Tetapi apabila seseorang mengetahui peristiwa sejarah pada masa lalu dengan membaca buku yang bercerita mengenai peristiwa masa lampau maka itu di namakan sebagai bentuk lisan dari sebuah sejarah.

Baca juga :

Sementara itu, untuk merekonstruksi kisah sejarah harus mengikuti metode analisis serta pendekatan tertentu. Dengan kata lain, sejarah sebagai kisah adalah kejadian masa lalu yang diungkapkan kembali berdasarkan penafsiran dan interpretasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Menyusun kisah sejarah dari suatu masyarakat, bangsa, dan negara tidaklah mudah karena jejak-jejak sejarah yang ditinggalkannya tidak sedikit. Oleh karena itu, dalam penyusunannya memerlukan penelaahan yang sangat jeli dan bijaksana serta verifikatif sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Dalam penyusunan sejarah sebagai kisah, para sejarawan menggunakan dasar jejak-jejak yang ditinggalkan oleh sejarah sebagai peristiwa. Jejak-jejak sejarah yang berisi kehidupan rangkaian peristiwa atau kejadian dalam lingkup kehidupan manusia menjadi sumber penting dalam penulisan kisah sejarah. [ps]

Sejarah sebagai Kisah | Admin | 4.5