Sejarah Terbentuknya BPUPKI

Sejarah Terbentuknya BPUPKI – Jepang benar-benar terancam dalam perangnya melawan sekutu. Untuk semakin menarik  simpati bangsa Indonesia agar tetap mendukung Jepang, maka pada tanggal 1 Maret 1945, Kumaikici Harada mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan  Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Dalam bahasa Jepang BPUPKI disebut Dokuritsu Junbi  Cosakai.

Sejarah Terbentuknya BPUPKI

Sejarah Terbentuknya BPUPKI

BPUPKI beranggotakan 60 orang, ditambah beberapa pimpinan. Sebagai ketua adalah  Dr. Rajiman Widyodiningrat. Wakil-wakil ketua, yakni Icibangase yang sekaligus sebagai  kepala Badan Perundingan dan RP. Surosoyang sekaligus sebagai kepala sekretariat. Sebagai  kepala sekretariat, RP. Suroso dibantu oleh Toyohito Masudadan Mr. AG. Pringgodigdo.

BPUPKI pada tanggal 28 Mei 1945 diresmikan. Pada kesempatan persemian ini dilakukan  pengibaran bendera Hinomarudisusul pengibaran bendera Merah Putih. Hal ini semakin  membangkitkan semangat para anggota BPUPKI dalam mempersiapkan upaya Indonesia  merdeka. Yang sangat menarik, sejak itu lagu Indonesia Raya boleh dinyanyikan dan Sang  Merah Putih boleh dikibarkan.

Maksud dan tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk mempelajari dan menyelidiki halhal yang berkaitan dengan pembentukan negara Indonesia. Jika suatu saat kelak meneguhkan  kemerdekaannya, maka bangsa Indonesia sudah harus memiliki dasar negara. Oleh karena  itu, BPUPKI merumuskan dasar negara.

Sejarah Terbentuknya BPUPKI | Pengertian Sejarah | 4.5
Leave a Reply
DMCA.com Protection Status science blogs blog Top education_training blogs Academics Blogs